Menarik mengikuti perkembangan teknologi dewasa ini.
Harga — beragamnya produk teknologi memunculkan efek persaingan dalam masalah harga, dari satu sisi ini teknologi ini sekarang menjadi murah dan terjangkau harganya. Dari sisi layanan, teknologi ini telah melahirkan varietas yang beragam, semakin spesifik dan semakin sesuai dengan tuntutan kebutuhan penggunanya.
Teknologi pun sudah merembes/meresap ke berbagai aspek. Dalam tulisan ini akan coba dibahas tentang aspek pembelajaran yang telah dipengaruhi teknologi.

Yang menjadi pertanyaan awal adalah kenapa proses pembelajaran membutuhkan teknologi?

untuk menjawab ini bisa dilihat ditulisan saya tentang <<< C Generation >>>

Setelah tahu bahwa teknologi itu adalah menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran, pertanyaan berikutnya adalah Teknologi apa saja yang bisa sangat berpengaruh dalam sistem pembelajaran?

Dari sisi teknologi hardware, banyak alat yang sekarang menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Komputer adalah salah satu alat utama dalam dunia pembelajaran. Komputer bukan hanya alat untuk mahasiswa yang kuliah di bidang komputer dan teknologinya, namun komputer sekarang telah menjadi alat untuk semua mahasiswa di bidang apapun. Peralatan perangkat keras lain adalah alat-alat yang lebih spesifik dengan bidang masing-masing, semua alat yang diperlukan di laboratorim sekarang sudah ‘dipengaruhi’ komputer.

Dari sisi software (perangkat lunak) — software telah menjelma menjadi sebuah model pembelajaran yang sangat efisien. Model-model simulasi laboratorium bisa disimulasikan dengan software. Misalnya proses campuran beberapa bahan kimia bisa dimodelkan dengan hanya menggunakan software. Kalo hanya untuk melihat proses perubahan kimia akibat campuran beberapa bahan tidak perlu menggunakan bahan sebenarnya yang mungkin menjadi lebih mahal. dengan model simulasi software pembelajaran ini menjadi sangat efisien.

Dari sisi Jaringan — munculnya model jejaring sosial menjadi sebuah media yang sangat efektif untuk membuka ruang pembelajaran. Pembelajaran sudah tidak lagi hanya di ruang kelas, dengan model jejaring seperti facebook, twitter dll bisa digunakan untuk ruang diskusi dan kuliah. paduan software dan jaringan juga telah mendukung untuk pengembangan sistem kuliah online yang dikembangkan untuk pembelajaran di dunia maya.