4 tahun mengelola e-learning (kuliah online) Undip, beberapa pengalaman diperoleh. Hal yang menarik adalah adanya kenyataan bahwa e-learning itu disukai tapi tidak/jarang dipakai. Dari pengalaman itu saya me-resume beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Diantara penyebabnya adalah:

  • Budaya ICT, kebiasaan yang sudah jalan dan dipakai sulit untuk kemudian dirubah.  Bagi yang sudah biasa bekerja dengan konvensional untuk kemudian berubah menjadi menggunakan komputer bukanlah hal yang mudah. Budaya ICT adalah membawa pengaruh teknologi informasi ke dalam pembelajaran. Hal ini masih menjadi tantangan yang berat.
  • Tidak adanya penghargaan bagi pengguna e-learning. Penghargaan mungkin tidak selalu dalam bentuk uang. Penghargaan bisa jadi dalam bentuk kredit poin yang bisa digunakan untuk kenaikan pangkat penggunanya.
  • Belum adanya aturan penggunaan. Mencontoh institusi terkenal di Bandung misalnya. Di institusi itu e-learning di jadikan sebuah bagian penting yang wajib digunakan dalam pembelajaran. Dengan itu disana ada aturan seperti SK Rektor dan setiap semesternya diatur sebuah mekanisme evaluasinya. Ada reward dan punishment nya. Saya mengira Undip mungkin bisa mencontoh hal itu jika memang pembelajaran berbasis teknologi ini diperlukan.
  • Membutuhkan waktu dan tenaga untuk menggunakannya, ini adalah berhubungan dengan personal penggunanya. Kalau sudah berhubungan dengan ini tinggal bagaimana memotivasinya.