setelah 2 tahun lebih menggunakan moodle 1.9 yang memang diupgrade dengan lompatan cukup jauh yaitu dari versi 1.4 (sepeti di tulis di http://mmsomantri.blog.undip.ac.id/2009/08/31/update-moodle-14-ke-19/), ternyata ditemukan sebuah pesan err ketika membuat pertanyaan di aplikasi quiz muncul prefix “err” di setiap pertanyaan. analisis awal karena upgrade yang cenderung di beberapa bagian dalam moodle agak dipaksakan (sayang nya histori nya lupa di catat). penasaran dengan bug ini akhirnya coba di analisis disisi kode dan juga mencari info di mbah google.

Setelah beberapa hari nge-debug akhir nya dicoba salah satu solusi dimana ternyata ada tabel dalam moodle tidak memiliki field yang seharusnya ada. ini akibat upgrade dimana di versi sebelumnya kemungkinan besar (hampir pasti) tidak menggunakan field itu dalam aplikasi quiz untuk menampung pertanyaan-pertnyaan yang dibuat.

tabel itu adalah question_multichoice. Dalam tabel itu ternyata tidak memiliki field answernumbering.

bug quiz

err prefix

solusi dari bug ini saya mencoba menambah field answernumbering dan set ke nilai “none”  kedalam tabel question_multichoice. Setelah di coba ternyata berhasil.

Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi yang menemukan masalah yang sama.

buat temen-temen dosen undip yang menggunakan aplikasi quiz dalam kuliah online nya, sekarang bisa menggunakannya tanpa error.