Ketika anda melakukan penjelahan menggunakan firefox atau browser lainya mungkin ada menemui pesan kesalahan seperti ini : sec_error_revoked_certificate
kesalahan / error ini diakibatkan ketika kita akses sebuah laman web secara default firefox akan ngecek OSCP (Online Certificate Status Protocol). Firefox akan mengecek yang memberi isu tentang sertifikat online tersebut apak sertifikat nya masih dinotifikasi atau tidak oleh pemberi isu tersebut. hal ini berarti laman itu tidak lagi dijamin oleh pemberi isu tentang keamanannya.


nah jika error tersebut di temui seharusnya kita menghubungi admin dari laman tersebut. namun jika diinginkan kita bisa melakukan penonaktifkan terhadap fungsi pengecekan OCSP secara otomatis.
Untuk hal ini cara nya adalah sebagai berikut :

  1. ketikan : about:config pada address bar di browser firefox
  2. kemudian pada kotak filter ketikan “security”
  3. kemudian double-click pada pilihan “security.OCSP.enabled”
  4. kemudian rubah nilai 1 menjadi 0

Jika sudah tidak digunakan untuk mengakses web tersebut sebaiknya di kembalikan ke nilai 1 kembali

Apa itu OCSP

OCSP (Online Certificate Status Protocol) adalah satu dari dua skema untuk memelihara kemananan pada server dan sumber daya jaringan yang lainnya.

Metode yang lain lebih tua sebelum OCSP (direvisi dalam beberapa skenario) adalah Certificate Revocation List (CRL).

Ketika pengguna mencoba untuk mengakses server, OCSP mengirimkan permintaan untuk informasi sertifikat status. Server akan mengirimkan kembali responĀ  “saat ini”, “kadaluarsa” atau “tidak diketahui.” Protokol menentukan sintaks untuk komunikasi antara server (yang berisi status sertifikat) dan aplikasi klien (yang menginformasikan status itu). OCSP memungkinkan pengguna dengan sertifikat yang telah kedaluwarsa masa tenggang, sehingga mereka dapat mengakses server untuk waktu yang terbatas sebelum memperbarui.

semoga bermanfaat

Maman Somantri / Elektro Undip